Minggu, 21 April 2013
0 komentar

Merubah Ukuran Partisi Hard Disk di Windows 7


Berbeda dari versi sebelumnya, pada Windows 7 dan Wndows Vista sudah tersedia built-in aplikasi yang bisa digunakan untuk mem-partisi hardisk drive. Sama seperti tool yang dibuat oleh pihak ketiga (Third party software) seperti pastition magic, Easeus Partition Manager atau aplikasi lain, tools ini juga bisa digunakan untuk merubah kapasitas drive dari hard disk pada sistem operasi buatan Microsoft.

Kita asumsikan anda ingin merubah kapasitas dari drive F, maka ikuti langkah langkah di bawah ini untuk melakukannya.
  • Pertama buka Control Panel.
  • Selanjutnya ketik “partition” (Tanpa tanda petik) pada form Search yang ada di pojok kanan atas dan lanjutkan dengan klik link “Create and format had disk partitions“.
  • Pada jendela Disk Management pilih partisi yang akan dirubah partisinya.
  • Klik kanan volume partisi tersebut dan pilih Shrink Volume.
    Disk Management Windows 7
  • Pada jendela dialog dari volume partisi, tentukan besar kapasitas dari sebuah drive. Jika ingin memperbesar kapasitas drive F, pastikan ada partisi kosong yang terletak di sebelah drive F. Jika tidak tersedia, perkecil partisi lain sehingga bisa digunakan oleh drive F.
    Shrink Volume Partition
  • Anda bisa juga membuat drive baru pada hard disk dengan catatan ada space kosong yang bisa digunakan. Jika tidak tersedia, bisa disiasati dengan memperkecil drive lain sehingga bisa dipakai untuk drive baru.
    Delete Partitsi Windows 7 Menggunakan Disk Management
  • Jika sudah yakin dengan kapasitas partisi yang telah dibuat, klik tombol Shrink untuk mengakhiri.
Meskipun tool bisa digunakan untuk memperkecil partisi atau kapasitas drive tanpa harus kehilangan data di dalamnya, sebaiknya backup terlebih dahulu data anda sebelum menggunakan tips ini. Hal ini akan memperkecil resiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Mohon diperhatikan!
Sebelum anda melakukan partisi hardisk, langkah terbaik adalh BACKUP DATA anda terlebih dahulu untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun tools ini dirancang agar semua proses berjalan maksimal tanpa harus kehilangan data, backup data merupakan bagian terpenting sebelum melakukan partisi hardisk.
Trik ini belum bisa digunakan secara penuh jika anda menggunakan Operating System Windows 7 Starter. Harap teliti terlebih dahulu OS yang terinstall di PC atao notebook anda.
Jika ingin lebih jelas, anda bisa menonton video di bawah ini, Courtesy by YouTube.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top