Jumat, 21 Juni 2013
0 komentar

Cara Membuat atau Tutorial Membuat efek kulit terkelupas di Photoshop




Skill : Menengah
Aplikasi : Photosop CS  semua versi

Wah.. udah lama banget blog ini kagak ane update, untuk mengisi waktu luang sekarang ane sempetin lagi buat postingan. berhubung saat ini ane lagi hobi dengan editing gambar alias Photoshop Maniak maka  ane coba bikin tutorial seputar Photoshop... semoga ada manfaatnya ..!
Kali ini ane akan memberi tutorial tentang membuat kulit yang terkelupas dan tersapu angin. Ane gak akan menerangkan secara detail dasar penggunaan tool atau menu di Ps.. jadi bagi anda yang ingin mengikuti tutorial ini minimal telah mengetahui dasar-dasar pengoperasian Ps. Dan Ps yang ane gunain adalah Ps CS 2..
  1. Siapkan dulu bahan-bahan racikannya, yaitu : Pattern besi berkarat,Tanah kering yang telah retak dan intinya gambar cewek yang cekep ( biar nambah semangat…. wk wk wk  ).      

  1. Buatlah halaman baru dengan ukuran 800 x 600 p, atau setidaknya lebar diatas 600p. masukkan ketiga bahan racikan ke halaman baru tersebut.

Gantilah masing-masing nama layer Pattern Besi,Retakan tanah dan Cewek  atau terserah agan mau dkasih nama apa.
layer retakan tanah letakkan paling atas dan non aktifkan visibilitynya ( klik gambar mata di sblh kiri layer tanah ) agar tdk mengganggu sementara.
Atur letak pattern besi kira-kira menutupi sebagian wajah lalu Letakkan  layernya paling bawah.


  1. Aktifkan kembali layer retakan tanah ( visibility ), letakkan kira-kira menutupi di sebagian wajah dan badan. Rubah mode nya dari normal menjadi multiply, Gambar akan nampak transparan dan seolah-olah menyatu dgn kulit. Selanjutnya lakukan penyesuain bentuk retakan tanah menggunkan teknik wraping. Klik menu Edit – Transform – Warp. Atur node-node warp sedemikian rupa sehingga menyesuaikan bentuk badan / wajah, jika sudah… tekan enter. 

Hapus beberapa bagian pinggir dan bagian yang menutupi baju.
Copy layer retakan tanah dan ganti namanya menjadi retakan tanah kering 2, sedangkan layer retakan tanah yang asli di non aktifkan.

  1. Ubah mode layer retakan tanah kering 2 dari multiply menjadi normal.  tambahkan garis-garis retakan tanah  menggunakan Brush Tool (B) ( diameter 1 dan hardness 100% ), buatlah garis yang saling terhubung di beberapa retakan, hal ini untuk mempermudah nanti saat menyeleksi bagian yg akan dihapus. 

Setelah selesai kembalikan ke mode multiply.
Copy lah layer cewek dan non akitifkan layer aslinya..biarkan layer copy an yg aktif. ( biasakan meng copy layer yg akan di edit, jika terjadi kesalahan maka kita msh memiliki layer aslinya )

  1. Selanjutnya kita akan menghapus bagain kulit cewek.
Bagian kulit yang akan di hapus adalah mengikuti garis retakan tanah sehingga nampak natural.


Langkahnya adalah Klik layer Retakan Tanah kering2  ( gbr kode 1 ) lalu gunakan magic wand tool (W ) dan klik area retakan di dekat hidung ( gbr kode 2 ), lalu klik layer Cewek ( gbr kode 3 ) kemudian tekan tombol Del di keyboard.. akan nampak lobang pada retakan yang kita seleksi tadi.


Selanjutnya hapus bagian retakan lainnya seperti langkah diatas. Utk menonaktifkan seleksi, tekan Ctrl + D.
( tak perlu mengikuti spt contoh, pilihlah retakan yg sesuai dengan selera agan ).
  1. Setelah membuat lubang,selanjutnya kita membuat shadow ( bayangan ) pada area lubang yg telah dibuat, hal ini untuk membuat efek ketebalan kulit.
Buatlah layer kosong baru dan beri nama shadow, Perbesar area yg berlubang menggunkan Zoom tool (Z) . gunakan Brush Tool (B) dengan diameter 1 hardness 50% dan warna brush coklat tua atau hitam. Mulailah membuat garis mengikuti pinggran lubang dan buat setangahnya saja tidak perlu seluruh area di brush.

Untuk berpindah area zoom, tekan spasi keyboard dan sambil geser gambar menggunakan klik kiri mouse.
Agar nampak natural, hapuslah sedikit ujung garis yg dibuat tsb dengan erase tool (E) dan opacity 17%.. hapus sedemikian rupa agar nampak tidak kaku garisnya.
Jika sudah, kembalikan ukuran viewnya menjadi normal, gunakan zoom tool (Z) lalu klik kanan gambar dan pilih Fit to screen.
  1. Selanjutnya kita akan membuat pecahan kulit.
Aktifkan kembali layer Retakan tanah asli yg dinonakifkan tadi, setelah aktif letakkan layer tsb di paling atas.
Sekarang klik layer cewek yang telah dilubangi tadi, tekan tombol Ctrl (jgn dilepas ) dan klik layer cewek.. maka gambar lubang akan terseleksi, lepaskan Ctrl.

Klik layer retakan tanah, tekan tombol Del.. sekarang kita memiliki pecahan retakan tanah yg akan kita gunakan sebagai lebaran kulit. Untuk menon aktifkan seleksi, tekan Ctrl + D. ganti nama layer menjadi pecahan.

  1. Copy lah layer pecahan menjadi empat layer… masing-masing layer atur sedemikian rupa dan geser / putar serta atur besar kecilnya ukuran sehingga membentuk serpihan pecahan yang terburai.


Hapuslah ujung atau bagian gambar pecahan tsb secara halus ( gunakan erase tool dgn diameter  50 atau 60 p,hardness 0 , opacity 15% ) agar nampak alami.
Masing-masing layer pecahan beri style ( Blending ) inner shadow.


  1. Pilih Pada layer Cewek, berilah efek Lens Flare di atas bahu . Filter-Render-Lens Flare
Buat dua layer baru masing-masing beri nama Mask hitam1 dan mask hitam2. 
Gunakan Gradient Tool (G) dan beri warna hitam..pilih Linear Gradient dan bentuknya foreground to trasnparant .
Buatlah gradient secara diagonal dari kiri bawah ke kanan atas pada layer mask hitam1 dan sebaliknya pada mask hitam2.

  1. Untuk membuat  laser light, buatlah layer baru dan beri nama laser light. Gunakan Brush Tool ( B ) diameter 15, warna biru muda…buatlah garis horisontal dan terputus tdk usah terlalu panjang, lalu gunakan Filter-Blur-Motion Blur dan atur Angel 0 .distance 900.
Hapus ujung kanan kirinya dengan tipis saja dan perkecil keculai bagian tengah yang pas dengan posisi lens flare biarkan saja…

Utk efek sinar putih, buatlah layer baru dan gunakan brush tool dengan diameter 30 berwarna putih, buat titik lingkaran di tengah pas lens flare.. gunakan filter Gausian Blur agar seprti efek cahaya putih yang bersinar.

Ini bahan-bahan buat prakteknya gan .... tp untuk pattern besi tdk ane sertain, soale kehapus file jpg nya.. silahkan ganti dengan pattern lain .
 BAHAN :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top