Sabtu, 06 Juli 2013
0 komentar

Cara Membuat Efek Neon Menggunakan Pen Tools Pada Adobe Photoshop

13.56
 

Tutorial kali ini cukup sederhana, kita akan membuat efek garis yang mengeluarkan cahaya seperti neon menggunakan photoshop. Photoshop yang saya gunakan adalah CS3, namun trik ini bisa anda gunakan pada semua versi Photoshop. Tutorial yang saya berikan ini sederhana sekali, namun bila anda kreatif, anda bisa menggunakannya untuk menghasilkan karya yang indah. Langsung saja buka new document di Photoshop.


Pertama-tama saya buat background menjadi hitam dengan menggunakan Paint Bucket Tool dengan men set foreground colour adalah hitam


Setelah itu klik Create New Layer di pojok kanan bawah hingga muncul Layer 1. Klik Layer 1 (layer tempat kita sekarang akan bekerja), pilih Pen Tools dan mulai buat garis sesuai keinginan anda



Setelah selesai membuat bentuk yang anda inginkan, pilih Brush Tools, pilih diameter sesuai yang anda inginkan (pada contoh ini saya menggunakan Hard Round brush dengan diameter 5 px. Kemudian saya set Foreground colour menjadi merah (warna foreground colour bisa sesuai selera anda, bereksperimenlah). Setelah itu kembali pilih Pen Tools, klik kanan pada garis/bentuk yang anda buat tadi dan pilih Stroke Path. Pada window yang muncul, pilih brush , hilangkan centang pada kotak bertuliskan Simulate Pressure (saya sarankan nanti anda juga bereksperimen dengan mencentang Simulate Pressure agar anda tahu apa perbedaan diantara keduanya)



Sehingga anda akan mendapatkan hasil kurang lebih seperti contoh saya ini



Anda bisa lihat bahwa garis/bentuk yang anda bikin dengan pen tools masih terlihat. Untuk menghilangkannya cukup mudah, anda tinggal menekan tombol delete pada keyboard hingga garis-garisnya hilang semua

Setelah itu klik kanan Layer 1, pilih Blending Option. pada window yang muncul, centang Outer Glow, atur warna, spread dan size sesuai keinginan anda

Masih pada window tadi, centang Inner Glow dan atur warna, choke dan size sesuai selera anda

Setelah itu anda tinggal klik OK dan seharusnya anda mendapatkan hasil kurang lebih seperti contoh gambar saya berikut ini


Sekian tutorial sederhana saya kali ini. Walaupun sederhana, tetapi bila anda kreatif anda akan bisa menghasilkan karya yang luar biasa indah. Selamat Mencoba ^^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top