Selasa, 02 Juli 2013
0 komentar

Cara Mengatasi Atau Tutorial Mengatasi Soft Brick pada Beberapa Smartphone Android Samsung


Oct 2, 2012 by  Under Tips & Trik - 36 Comments  
Bagi anda yang terbiasa dengan smartphone android, terkadang kita mengalami Soft Brick atau bahasa simpelnya kegagalan dalam instalasi software. Tutorial kali ini akan memperlihatkan cara mengatasi problem Soft Brick pada beberapa smartphone android Samsung.
Secara garis besar masalah Soft Brick disebabkan oleh gagalnya device masuk ke os. Hal ini disebabkan karena macam-macam hal.
Untuk smartphone Samsung android biasanya dikarenakan downgrade os yang tidak direkomendasikan, salah memasukan file-file firmware sesuai dengan firmaware device tersebut, atau kegagalan saat flashing dan lain-lain.
Beda dengan Hard Brick yang disebabkan oleh masalah hardware. Masalah pada hardware sering kali disebabkan oleh kerusakan pada hardware, overclock/underclock atau memodifikasi hardware.
Kali ini kita akan membahas tutorial mengatasi masalah Soft Brick pada smartphone android Samsung. Ciri-ciri device yang mengalami Soft Brick  ialah, tidak bisa masuk recovery (CWM), tidak bisa masuk masuk pada mode fastboot ( downloading mode), dan tidak bisa menyala saat dinyalakan atau saat charging.
Tutorial ini sukses beberapa kali digunakan dengan beberapa device Samsung Android berikut ini:
  • Galaxy S GT i9000.
  • Galaxy Mini GT – S5570
  • Galaxy Gio GT – S5560
  • Galaxy Ace GT – S55830
Bagi yang device yang tidak tertulis diatas tidak dianjurkan untuk mengikuti tutorial mengatasi Soft Brick ini. Jika mau mencoba, resiko tetap pada anda. Link download akan kami sertakan untuk beberapa file yang berbeda.
Bahan-bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut;
  1. Download dan instal driver usb Samsung disini
  2. Download dan ekstrak Firmware di XDA Developer atau di samfirmware (untuk samfirmware biasanya diminta register terlebih dahulu), dan pilih firmware sesuai model yang dipakai
  3. Cari Odin yang kompatibel dengan device anda. Setiap device memiliki odin yang berbeda-beda. Link download disediakan di bagian paling bawah.
Untuk beberapa file harus diperhatikan dengan seksama, agar tidak salah memekai odin dan firmware. Untuk Firmware, anda bisa mencarinya di XDA developers atau di samfirmware.
berikut ini file odin yang harus dijadikan bahan (firmware silahkan ke xda atau samfirmware). Perhatikan, jangan mengambil odin untuk yang bukan devicenya.
Jika semua sudah didownload, maka sekerang tahap pelaksanaan flashing.
  • Buka file odin dan masukan ops. Bagi yang tidak ada seperti file ops, maka tidak usah. Untuk Galaxy S, silahkan pilih salah satu file Pit, lalu centang repartition. Untuk Galay Gio, Mini, Ace, tidak usah memakai repartition.
  • Masukan file firmware pada Odin. Jika pada firmware hanya memiliki 1 file, maka ceklis One Package, dan masukan 1 file tersebut. Bagi yang terdapat 3 file pada firmwarenya, maka Code = PDAModem = PhoneCSC = CSC.
Cara mudah mengatasi Soft Brick pada Android Samsung
  • Setelah memasukan berbagai file tersebut, jangan pernah menceklis kolom-kolom yang tersedia sesuai yang dianjurkan.
  • Lepaskan baterai, Sim Card, MicorSD pada device anda.
  • Sambungkan kabel USB ke device
  • Tekan tombol Downloading Mode ((volume down + Home + Power) tanpa baterai.
  • Tetap tekan tombol Downloading Mode sambil memasukan baterai kedalamnya.
  • Jika berhasil, maka odin akan mendetect device anda dan device anda menyala dalam mode Downloading mode. Seandainya device menyala, namun odin tidak mendetect, maka kesalahan terletak pada driver usb anda.
  • Lepaskan Tombol Downloading Mode (kabel tetap tersambung ke device).
  • Tekan tombol Start pada odin, dan biarkan prosesnya berlangsung.
Jika pada beberapa percobaan gagal, usahakan pada kesempatan selanjutnya timing/waktu saat memasukan baterai harus lebih tepat. Segala tutorial ini sudah dilakukan beberapa kali dengan berbagai kali kesempatan. Selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top