Jumat, 21 Juni 2013
0 komentar

Cara Membuat gambar Profil dan Cover Timeline Facebook yang unik di Adobe Photoshop



Skill : Menengah
Aplikasi : Photoshop semua versi


Ane : “Eh.. Lu punya akun Fb gak ?”
Neng Lebay : “What... hare gene gak punya Fb ?, ih primitif kaleeee  ”
Ane : “Hmm.. Skarang Fb kan pake timeline ! , trus gambar profil ama cover timeline lu apaan? “
Neng Lebay : “Kalo profil pake gambar gw yg unyu, trus cover ane kereen Om.. Gambar Pacar gw sedang peluk gw sama anjing herder kesayangan gw nemplok di kepala pacar gw “... keren kan om ?.. Gw gitu loooh.. “
Ane : “What... hare gene masih pake cover timeline standard ? Jadul amat lu.... Primitif !!! “
Neng Lebay : “ What.. ? #@$@%%@^&!& “

Ha ha ha.. sori gan, itu obrolan cuma buat pembuka aja...
Oke, kali ini ane akan kasih tutorial gimana bikin Gambar  cover Timeline  Fb agan lebih Kreatif dan Keren ( menurut kita sih... kalo menurut org lain jelek, masa bodo amat.. )
Ane dah coba Googling tentang tutorial semacam  ini dan hasilnya rata2 tutorial standard utk bikin Cover Time line aja.
Tutorial yang ane buat ini adalah untuk membuat Cover Timeline yang berhubungan dengan gambar profil.( saling konek lah istilahnya..)
Contoh Timeline Fb ane  :
Gbr timeline ane

Bahan racikan yang ane pake ini :
Gbr Gambar Racikan

Oke kita mulai :

1.       Buat dokumen baru dengan ukuran 1024p x 768p  ( ini gak wajib.. terserah ukuran gambar yang agan pake ).
2.       Edit dulu bahan racikan di Dokumen tsb, masing-masing gambar di pisah per layer.
( utk pengeditan gambar ,ane yakin agan semua udah bisa lah... jd gak ane bahas disini cara edit gambar satu persatu ). Jangan lupa simpan kerjaan agan dalam bentuk PSD, dan minimize tampilannya agar di bawah.
3.       Buat dokumen baru dengan ukuran 720p x 290 p dan resolusi 72 pixel/inch
Gbr 1
>> Sementara abaikan gambar garis warna hijau di Gbr 1, di kerjaan agan mungkin tidak ada.. karena emang belum di buat :)
4.       Tampilkan Ruler ( View – rulers ) utk pemandu kita dalam membuat ukuran.
Klik kanan pada Ruler pilih Millimeters.
Gbr 2

Berikutnya buatlah Guide line ( garis bantu ) , caranya klik pada Ruler, tahan dan geser/tarik ke arah tengah dokumen lalu lepas.. nanti akan muncul garis bantu warna hijau
Gbr 3

Untuk menggeser-geser  garis bantu yg dibuat , gunakan Move Tool (V).
Buatlah garis bantu sebanyak empat buah dengan ukuran jarak :
Garis 1 : 8,4 ( liat ukuran ruler atas )
Garis 2 : 51,9 ( liat ukuran ruler atas )
Garis 3 : 56,1 ( liat ukuran ruler kiri )
Garis 4 : 99,5 ( liat ukuran ruler kiri )
Ukuran ini tdk 100% tepat dgn desain header  timeline  Fb, masih selisih 0,5 sekian mili.. tp gak masalah deh.. ntar kalo gak pas agan benerin sendiri ya .. he he he
Gbr 4

5.       Masukan gambar hasil editan di langkah 2, atur posisinya sedemikian rupa.. khusus gambar yang akan di jadikan profil masukaan dalam kotak kecil di kiri bawah.
Kira-kira begini hasilnya :
Gbr 5

Simpan kerjaan agan jadi file PSD ( ntar kalo ada yg salah bisa di edit ulang ).

6.       Simpan juga kerjaan agan menjadi file JPG ( misal kasih nama Mbok Keren.Jpg )
7.       Sementara minimize dulu file PSD nya.
Buka file JPG ( Mbok keren.jpg ).
Gunakan Crop tool (C)  atur lah Width:250p  Heigt:250p  Res:72  pixel /inch
Langkah ini untuk membuat Gambar Profil.
Crop gambar seukuran garis warna merah ( lihat gambar )
Gbr 6

Gbr7

Dan hasilnya seperti ini :
Gbr 8

Simpan gambar tsb menjadi JPG ( misal kasih nama Profil simbok.jpg )
8.       Aktifkan jendela History ( Window – History ).
Pilih aksi paling awal dlm history ( gambar pertama dibuka ), hal ini uttuk kembali ke set dokumen awal setelah cropping di langkah 7.
Gbr 9

Setelah di rollback historynya maka gambar akan tampil seperti awal.
Langkah selanjutnya adalah membuat Gambar Cover  timeline.
Gunakan Crop tool (C) atur Width :720 Height:250 Res:72
Lakukan crop dimulai dari ujung kiri atas sampai ke kanan mentok pinggiran halaman.
 Gbr 10

Simpan gambar menjadi JPG ( Misal Time Line simbok.jpg )

Nah.. sekarang coba ganti Gambar profil dan cover timeline Fb agan... menggunakan Gambar Profil dan Cover yang baru disimpan tsb.
Kalo masih ada selisih dalam ketepatan antara Gbr Profil dan Cover biasanya hanya 0,5 sd 1 milimeter.
 Demikian tutorial ini ane buat, semoga bermanfaat...
Jangan lupa Komen dan Kripiknya.. :)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top