Jumat, 19 Juli 2013
0 komentar

Bocah 11 Tahun Asal Kanada Mampu Membobol Situs Game


Tidak perlu pengalaman bertahun-tahun untuk bisa mengganggu kerja suatu jaringan. Buktinya, anak berusia 11 tahun diduga telah melakukan aksi hacking yang ditujukan kepada situs game dan social network.

Seperti yang dilansir oleh BBC (7/2), sebuah laporan dari AVG menemukan fakta bahwa diduga seorang bocah berusia 11 tahun sudah berhasil masuk ke dalam sebuah website game dan jejaring sosial. Dari situ, bocah ini melakukan pencurian mata uang virtual 
yang berlaku di game tersebut.

Hal ini sendiri pertama kali diketahui setelah diadakan penyelidikan terhadap Runescape, game online dengan lebih dari 200 juta pemain. Diyakini bahwa permainan ini sudah disusupi oleh berbagai kode-kode jahat agar para pelaku bisa berbuat curang dalam permainan ini.

Hasilnya diketahui bahwa ada sebuah program bernama Runescape Gold Hack yang digunakan oleh seorang anak. Melalui program ini, anak tersebut bisa mengubah sendiri jumlah uang virtual yang dia miliki sehingga bisa lebih leluasa bermain game tersebut.
Namun, ternyata kejahatan dari program ini tidak berhenti di situ saja. 

Ditengarai bahwa program ini juga mengambil data log in pengguna lain agar bisa disalahgunakan.

"Ketika melakukan penelitian, kami menemukan sesuatu yang menarik. Ternyata program ini berusaha mencuri data akun pengguna dan mengirimkannya dalam sebuah email," jelas Ben-Itzhak, peneliti AVG, kepada BBC.

Dari sinilah ditelusuri sebenarnya kepada siapakah email tersebut ditujukan. Hasilnya membuat para peneliti kembali terkejut, ternyata email tersebut terdaftar atas nama seorang anak berusia 11 tahun di Kanada.

Di negara maju sendiri, bahasa pemrograman memang sudah diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Di Inggris misalnya, beberapa sekolah memberikan ekstra kurikuler pemrograman yang didukung secara penuh oleh perusahaan IT besar seperti Microsoft dan Google. Jadi, tidaklah mengherankan jika bocah berusia 11 tahun pun sudah mahir membuat aplikasi sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top