Rabu, 03 Juli 2013
0 komentar

Cara Membuat Tekstur Kayu Dengan Photoshop

Kita dapat berkreasi banyak dengan Adobe photoshop, salah satunya adalah membuat tekstur, disini kita akan membahas cara membuat tekstur kayu dengan Adobe Photoshop.

Sekarang mari kita membuat Tekstur kayu tersebut, Ikuti langkah-langkah dibawah ini


  1. Jalankan aplikasi photoshop anda dan buat dokumen baru ukuran 1500 x 1500 pixel dengan resolusi 300 ppi. Bikin layer baru dan kita sebut layer ini dengan nama ‘Kayu01'. Set warna pada foreground hitam dan warna pada background putih, kamu bisa tekan D untuk pengaturan warna seperti ini. Gunakan Paint Bucket Tool (G) dan penuhi layer fiber 1 dengan warna foreground kemudian klik Filter > Render > Fibers, masukkan 1 pada masing-masing kotak Varians dan Strength. Tekan Randomize beberapa kali sampai kamu dapatkan fiber yang terang seperti berikut.
  2. Sekarang kita beri warna pada tekstur, klik dua kali layer fiber 1 untuk membuka jendela Layer Style, pilih Color Overlay. Ubah blending mode menjadi Linear Burn, klik color swatch pad jendela Layer Style, masukkan #D2AF5A.
  3. Untuk mendapatkan tekstur kayu dengan kualitas yang bagus kita membutuhkan perpaduan warna yang baik pula. Sekarang kita ubah lagi warna foreground menjadi #BE822D dan warna bacground menjadi #DCAF28.

    Tambahkan layer baru sebut saja dengan fiber 2 dan ubah blending mode jadi Multiply. Gunakan Paint Bucket Tool (G) untuk mengisi layer dengan warna foreground. Kemudian klik Filter > Render > Fibers. Atur Varians jadi 7 dan Strength 50. Jika kamu dapatkan serat yang gelap, tekan Randomize beberapa kali sampai kamu dapatkan serat yang cukup terang.
  4. Bikin layer baru dengan nama ‘grain’, ubah blending mode menjadi Multiply. Pada menu bar pilih Edit > Fill dan pada jendela pengaturan yang muncul untuk Use pilih white dan Multiply sebagai Mode. Selesaikan langkah ini dengan menekan OK.
  5. Tekan D untuk mengembalikan warna foreground/background hitam/putih. Pilih Filter > Render > Fibers, masukkan 1 pada kotak Variance, 50 pada kotak Strength dan gunakan Randomize untuk menemukan efek yang terang.
  6. Tambahkan noise melalui Filter > Noise > Add Noise, masukkan 35% pada Amount dan cek pada kotak Monochromatic.
  7. Pada palet layer pilih semua layer dan tekan tombol Alt+Ctrl+E untuk menggabungkan semuanya. Untuk mengubah arah tekstur kita jadi horizontal pilih Image > Image Rotation > 90 CCW.

    Agar terasa lebih realistis tambahkan knot pada tekstur kita, knot disebut juga dengan poros lingkaran tahun pada pohon. Dalam keadaan layer gabungan aktif klik Filter > Liquify. Cek Show Backdrop yang ada pada option bagian bawah dan tingkatkan Opacity menjadi 60. Gunakan Forward Warp Tool (W) untuk membuat knot, caranya klik+tahan lalu geser ke arah horizontal sampai kamu dapatkan efek yang kamu inginkan. Perbesar gambar (Zoom in) agar efek yang dihasilkan tampak lebih jelas. Variasikan ukuran knot dengan menggunakan ukuran brush yang berbeda atau bisa juga kamu gunakan Twirl Clockwise Tool (C) dengan setting brush pressure rendah.
  8. Bila sudah selesai, anda dapat menyimpan hasil pekerjaan anda ke file jpg, png atau file adobe photoshop yaitu PSD
  9. Selamat mencoba

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top