Rabu, 03 Juli 2013
One komentar

KEAHLIAN : BERMAIN ALAT MUSIK GITAR “AKUSTIK”



KEAHLIAN : BERMAIN ALAT MUSIK GITAR “AKUSTIK”
 
            Saya suka bermain alat music gitar akustic.karena awalnya gitar itu bergenre akustic. Dan saya akan memberikan sedikit informasi tentang gitar :
            Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar di bedakan menjadi dua yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Pada umumnya gitar akustik terbuat dari kayu. Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetik senarnya, orang orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta anda bisa bermain gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yang dihasilkan bagai sebuah Orchestra kecil.
            Gitar pertama kali di temukan di benua Afrika pada tahun 1265. Bunyi dari petikan senar gitar bersifat romantis, sehingga lagu lagu klasik yang lembut dan berunsur romantis lebih cocok dimainkan dengan gitar akustik.
            Seiring berjalannya waktu, orang-orang sudah mulai memodivikasi gitar. Gitar dibuat dengan bantuian mesin elektrik agar suaranya terdengar lebih keras. Les Paul adalah orang pertama yang bereksperimen dengan sound gitar elektrik pada sekitar tahun 1940. Dengan gitar elektrik, kita bisa mengubah suara gitar sesuai dengan yang kita inginkan, memperbesar atau memperkecil volume gitar tersebut.
CARA BELAJAR GITAR “AWALNYA SAYA MEMAINKAN GITAR DAN BELAJAR”
            belajar gitar yang saya tulis ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri bagaimana ketika waktu SMP kelas 2 dulu saya pertama kali belajar gitar dan akhirnya sekarang sudah lumayan lancar  mainnya.karena saya terus menggali potensi yang ada di diri saya .
Belajar dasar chord gitar

            Pada tahap permulaan, yang paling saya sarankan ialah untuk mengetahui beberapa dasar chord atau kunci gitar yang sering digunakan. Contohnya: C, F, G, Am, Em, Dm. Usahakan untuk bisa menghapal satu chord per-hari dari ke 6 chord tersebut. Jadi fokuskan untuk latihan penempatan jari di fretboard gitar dan menghapal posisi nada dari setiap chord tersebut. Kebanyakan orang biasanya bisa hapal 2 atau 3 kunci perhari, tapi kalau masih baru memulai jangan terlalu memaksakan diri. Lebih baik santai tapi pasti. Karena untuk belajar gitar, kita butuh penyesuaian. Termasuk tubuh dan jari jari tangan kita. Apalagi kalau masih baru mulai biasanya jari kita masih kaku dan tidak terbiasa. Lebih baik fokus pada 1 kunci perhari, hapalkan, dan kuasai.


Mengiringi Lagu dengan chord
           Pada tahap selanjutnya setelah kita hapal beberapa chord penting diatas. Kita bisa segera belajar mengiringi lagu dengan kunci gitar tersebut. Untuk mengetahui chord apa yang digunakan, teman-teman bisa liat di internet, dan majalah gitar. Ketika belajar dulu saya punya banyak koleksi kunci gitar beserta lagu-lagu, namun sekarang lebih mending cari di internet karena sumbernya banyak dan gratis. hehehe.. Terserah lagu apa, bisa itu lagu Indonesia, Barat, Korea, apapun yang penting kesukaan anda.

           Tahap yang agak menantang disini adalah menggabungkan strumming(meng-genjreng) gitar dengan tepat sesuai pergantian chord lagu. Biasanya waktu masih awal, kita akan sedikit kaku dan canggung berganti chord dengan cepat. Itu wajar, karena memang koordinasi tangan kita belum sepenuhnya terbentuk. Lama-kelamaan pasti bisa kok.
          Teman-teman bisa coba memainkan lagu dengan tempo lambat dulu, seperti lagu peterpan (mimpi yang sempurna, semua tentang kita) atau lagu tradisional indonesia seperti gundul pacul,gelang sipatu gelang. Kuncinya biasanya seputar: C,F,G,Am,Em,Dm
           Coba memainkannya dengan sangat lambat terlebih dahulu, jangan terburu-buru agar kita dapat feel nya. Karena yang paling penting adalah melakukan strumming dan pergantian chord yang tepat. Kecepatan akan terbangun sendirinya seiring semakin sering anda bermain gitar.
           Ketika menekan fret gitar, usahakan pakai ujung jari kita jangan pakai kuku. Karena suaranya jauh lebih bagus kalau kita pakai ujung jari kita. Kalau perlu gunting saja kukunya, biar proses belajar gitarnya lebih lancar Lakukan teknik ini dalam 2 minggu pertama, maka hasilnya akan terlihat.
 Saya lagu yang pertama kali saya mainkan lagu ungu “BUKAN PILIHAN HATIMU”.Setelah saya coba sangat mudah.
Intro : F C E Am

 F          C
Jika memang diriku
           E                 Am
Bukanlah menjadi pilihan hatimu
 F    C
Mungkin sudah takdirnya
      E         Am
Kau dan aku takkan mesti bersatu


Interlude : F C E Am

 F      C
Harus slalu kau tahu
    E       Am
Ku mencintamu sepanjang waktuku
 F           C
Harus slalu kau tahu
  E             Am
Semua abadi untuk slamanya

Reff :
     E              C
Karena kuyakin cinta dalam hatiku
            E              Am
Hanya milikmu sampai akhir hidupku
      F                     C
Karena kuyakin disetiap hembusan nafasku
          E         Am
Hanya dirimu satu yang ku rindu
F    C   E    Am
Wooo ooo oo  [2x]

F  C
Harus slalu kau tahu
    E       Am
Ku mencintamu sepanjang waktuku
 F           C
Harus slalu kau tahu
  E             Am
Semua abadi untuk slamanya

Reff :
      E              C
Karena kuyakin cinta dalam hatiku
            E              Am
Hanya milikmu sampai akhir hidupku
      F                    C
Karena kuyakin disetiap hembusan nafasku
          E  Am
Hanya dirimu satu yang ku rindu


Interlude : F C E Am

Coda :
F          C
Jika memang diriku
              E             Am
Bukanlah menjadi pilihan hatimu
Lagu ini sangat mudah untuk dimainkan bagi semua pemula.Makna lagu ini pun sangat bagus yang mengisahkan bahwa seorang kekasih yang ternyata bukan pilihan hatinya.
Latihan gitar yang teratur

          Namanya mempelajari sesuatu kita butuh pengorbanan dan ketekunan. Sama waktu belajar jalan dulu, kita harus jatuh bangun dan terus mencoba. Sama prisipnya dengan gitar, kita sebaiknya meluangkan 1 atau 2 jam perhari untuk belajar gitar. Tidak perlu terlalu banyak porsi latihannya, yang penting konsisten. Untuk belajar gitar memang dibutuhkan koordinasi yang tepat agar bisa menghasilkan musik yang enak didengar. Dan untuk mendapatkan kemampuan tersebut kita butuh latihan yang teratur.


         Dari kita belajar gitar dan memainkannya bias menyeimbangkan otak kiri kita juga.jadi tidak otak kanan saja yang berfungsi otak kiri kita berfungsi.

1 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top