Selasa, 02 Juli 2013
0 komentar

Cara Mengatur Kuota Ponsel Android Sendiri Dengan 3G Watchdog

16.08

Atur Penggunaan Kuota Anda 

Apakah Anda pernah mengalami disaat membutuhkan akses internet, tanpa disadari kuota internet yang Anda miliki sudah habis?
Proses koneksi internet menjadi lebih lambat dari biasanya, karena penggunaan yang sudah melampaui batas maksimal kuotanya. Hal ini mungkin sering terjadi pada pengguna smartphone atau tablet Android yang memanfaatkan data dari provider tertentu.
Aplikasi untuk mengatur dan melihat besar kuota internet
Anda bisa menghindari masalah tersebut dengan menggunakan aplikasi gratis dari playstore bernama 3G Watchdog.
Setelah berhasil mengunduh, lakukan instalasi pada perangkat smartphone atau tablet Android Anda. Pada tampilan awal akan terdapat beberapa penjelasan tentang penggunaan aplikasi 3G Watchdog ini, salah satunya adalah penjelasan tentang tampilan icon yang akan ditampilkan sebagai informasi status kuota yang sedang berjalan yaitu:
  • icon 3G hijau                : kuota internet masih mencukupi
  • icon 3G kuning            : kuota internet mendekati batas maksimal
  • icon 3G merah             : kuota internet telah habis
WatchDog, aplikasi untuk mengukur kuota internet pada Android
Saat masuk ke menu setting, terdapat beberapa pengaturan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Masukkan rencana besar kuota yang akan digunakan, beserta lama dari rencana penggunaan kuota internet tersebut. Pada contoh saya merencanakan penggunaan 800Mb untuk penggunaan selama 1 bulan.
Tersedia pula fungsi alert yang bisa digunakan sebagai pengingat atau reminder pengguna. Tentukan pada kondisi kuota berapa persen hingga fungsi pengingat ini akan melakukan peringatan. Pada contoh saya menentukan batasan sebesar 75% penggunaan kuota-nya.
Bahkan pada fungsi ini bisa di-aktif-kan fungsi auto-disable mobile data, yang nantinya aplikasi ini akan otomatis mematikan akses internet pada batas presentase penggunaan kuota tertentu.
Contoh penggunaan aplikasi untuk mengukur kuota koneksi internet
Selesai melakukan beberapa pengaturan, selanjutnya aplikasi ini akan bekerja di balik layar (background). Anda bisa memantau kondisi kuota dengan melihat icon 3G yang terletak pada sudut kiri atas, serta terdapat rincian penggunaan kuota saat ini.
Mengatur besarnya kuota internet pada Android
Untuk mengetahui lebih detil penggunaan internet, Anda bisa masuk ke menu 3G Watchdog kembali. Pada tampilan kali ini, akan muncul penggunaan internet harian, mingguan dan bulanan. Selain detil penggunaan data 3G, Anda juga bisa melihat penggunaan akses internet yang melalui wi-fi.
Dengan adanya aplikasi 3G Watchdog, Anda bisa lebih mudah mengatur dan menentukan batas penggunaan internet perangkat smartphone atau tablet Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top