Selasa, 02 Juli 2013
0 komentar

Market Share Android Tembus 90% di Cina



Dominasi android sebagai os smartphone terbesar dunia memang tak terbantahkan. Android kini menguasai market share di Cina dengan presentase sebesar 90%. Sebuah pencapaian yang luar biasa.
Hanya dalam kurun waktu 1 tahun, android yang pada kuartal ketiga tahun lalu masih menguasai 58.2% kini punya pangsa pasar sebesar 90%. Jika dihitung, pangsa pasar android bertambah sekitar 32.8% dalam waktu satu tahun.
Pada quartal kedua tahun ini, market share android sebesar 82.8% naik dari periode yang sama tahun lalu yang masih sebesar 46.8%. Dan tidak mungkin kuartal keempat tahun ini, pangsa pasar android di Cina bisa menembus angka 93%, setidaknya itulah perkiraan para analis.
Era Nokia dengan Symbian memang bisa dikatakan sudah selesai. Jika pada kuartal sebelumnya, Symbian mencatat pangsa pasar dengan presentase sekitar 6%, pada kuartal ketiga tahun ini turun dan hanya menyisakan 2.4% saja.
Ironis sekali jika melihat pangsa pasar Symbian yang pada kuartal kedua tahun lalu masih punya 31.8%. Saat ini Nokia memang masih menjual perangkat dengan platform Symbian di Cina, walaupun Nokia sebenarnya sudah merencanakan untuk lebih fokus ke Windows Phone.
Sementara itu pesaing berat android yaitu ios dari Apple juga tergerus oleh pertumbuhan smartphone android yang pesat di Cina. jika pada kuartal sebelumnya ios masih mempunyai 6% market share, pada kuartal ketiga tahun ini turun menjadi 4.2%.
Kemungkinan market share ios akan kembali tumbuh seiring dengan bakal masuknya iPhone 5 di Cina pada akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top