Sabtu, 10 Agustus 2013
0 komentar

Menuju Sukses UN

Beberapa bulan lagi, Ujian Nasional akan berlangsung diseluruh Indonesia bahkan bahkan sayapun akan menghadapi UN SMP, suasana ujian sudah mulai terasa diberbagai sekolah baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun di sekolah menengah atas. Baik guru maupun anda sedang disibukkan oleh persiapan menghadapi Ujian Nasional. Segala daya dan usaha dikerahkan demi suksesnya Ujian Nasional 2007. Sebagaimana kita maklumi bahwa syarat kelulusan Ujian Nasional 2006 tidak ringan. Dengan kata lain, untuk mencapai kelulusan tahun ini lebih berat dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun 2007 anda didik dinyatakan lulus Ujian Nasional apabila memilikinilai lebih besar dari 5,25 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan dengan rata-rata nilai ujian nasional lebih besar dari 5.50.


Di samping itu, tidak diberikan kesempatan untuk mengulang (ujian) bagi anda. Apabila peserta Ujian Nasional tidak lulus pada ujian utama, mereka akan tetap tidak lulus. Kalau anda tidak lulus, mereka harus mengulang selama satu tahun persis seperti anda tinggal kelas. Anda harus menempuh pembelajaran total seperti layaknya anda pada umumnya (Sebagai informasi di seluruh Indonesia pada tahun lalu yang tidak lulus ujian periode pertama sebanyak kurang lebih 800 ribu anda termasuk SIK pun yang tidak lolos ujian pertama sebanyak 3 orang). Boleh kalian bayangkan kalau itu terjadi tahun ini, akan ada anda sebanyak jumlah di atas yang harus mengulang selama satu tahun lagi (INI ANGKA YANG CUKUP MENYERAMKAN!!!!!!....) .

Anak-anak SIK yang bapak sayangi, agar kita dapat menghadapi situasi seperti ini haruslah segala persiapan dilakukan dengan cukup matang, karena persiapan yang matang merupakan salah satu kunci sukses kita dalam ujian nanti. Persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional 2006 tinggal menghitung hari. Hari-hari yang masih tersedia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga mencapai prestasi yang memuaskan. Minimal bisa lulus (SAYA DAN ANDA PERCAYA BAHWA KITA BISA MENGHADAPI UJIAN INI DENGAN SUKSES…..DAN MARILAH KITA LAKUKAN DENGAN CARA YANG BAIK DAN HALAL). Di bawah ini ada 9 (sembilan) kita Dalam menghadapi Ujian Nasional 2006 yang mudah-mudahan dapat digunakan oleh anda-anda SIK yang saya banggakan, KIAT-KIAT ITU ANTARA LAIN :


1. BELAJAR LEBIH GIAT
Menjelang Ujian Nasional, anda harus belajar ekstra ketat. Hal ini mengingat materi pelajaran relatif lebih banyak, mulai materi pelajaran kelas I sampai dengan kelas III sekolah menengah. Di samping itu, tingkat kesulitan materi lebih tinggi dibanding dengan sebelumnya. Cara belajar yang bisa dilakukan oleh anda bisa dengan belajar mandiri atau belajar kelompok. Belajar mandiri, misalnya membaca materi pelajaran sesuai dengan jadwal belajar harian. Atau membaca buku-buku yang ada di perpustakaan. Untuk mendapatkan gambaran bentuk dan materi yang keluar dalam Ujian Nasional, anda dapat melihat soal-soal Ujian Nasional tahun yang lalu. Soal-soal tersebut berfungsi sebagai latihan mengerjakan atau menjawab soal-soal UAN yang akan datang.

Belajar kelompok bermanfaat untuk membahas, mendiskusikan materi pelajaran yang dianggap sulit. Melalui diskusi, anda bisa saling tukar informasi, pendapat dan berbagai pengalaman. Anggota kelompok bisa 5 atau 7 orang sesuai dengan kebutuhan. Apabila materi pelajaran yang tidak dapat dipecahkan oleh kelompok, anda dapat menanyakan langsung kepada guru bidang studi (mata pelajaran). (SUDAH BUKAN SAATNYA LAGI KALIAN UNTUK SANTAI-SANTAI DILAPANGAN TENIS BERMAIN BOLA, INGAT… MENYESAL ITU TIDAK PERNAH DATANG SEBELUM KEJADIAN….)


2. MEMBUAT PETA KEKUATAN
Dalam hal ini anda harus mempunyai gambaran yang jelas mengenai kondisi diri sendiri. Memahami kekuatan atau kemampuan dan kelemahan yang dimiliki. Dalam materi pelajaran apa anda mengalami kesulitan untuk memahaminya.
Apabila ada pelajaran yang kurang, maka belajarnya harus lebih keras lagi. Selain itu, harus memperbaiki cara belajar yang dilakukan selama ini. Anda harus mencari dan menemukan strategi belajar yang jitu, sehingga dapat belajar secara efektif dan efisien (berdaya guna dan berhasil guna). Tanpa adanya perubahan dan perbaikan cara atau kebiasaan belajar akan sulit untuk memahami materi palajaran.


3. MENJAGA KESEHATAN
Kesehatan merupakan modal utama untuk melakukan aktivitas, termasuk belajar. Untuk itu, anda hendaknya selalu menjaga kesehatan, sehingga pada saat Ujian Nasional dalam kondisi fit, segar, dan sehat. Jadi, walaupun materi pelajaran banyak yang harus dihafal dan dipelajari, jangan sampai mengabaikan/kurang memperhatikan kesehatan badan. Hendaknya cukup tidur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tak lupa olah raga secara teratur.


4. MENGHINDARI CARA-CARA YANG TERCELA
Ada beberapa hal yang mesti dihindari sebelum dan selam Ujian Nasional. Misalnya mencari bocoran soal ujian, mencontek, dan lain-lain. Perbuatan mencontek bisa meracuni diri sendiri, yaitu dapat menghambat perkembangan pribadi. Mencontek pada saat ujian dapat menimbulkan semacam ketergantungan kepada catatan atau orang lain. Akibatnya, rasa percaya diri kurang.


5. MENENANGKAN HATI DAN PIKIRAN
Kesiapan dalam pemahaman materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan hati dan pikiran. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, maka masa ujian akan dilalui dengan riang gembira dan bersemangat (antusias). Untuk itu, apabila memiliki masalah segeralah selesaikan dengan baik. Di samping itu, jangan banyak pikiran yang bukan-bukan, misalnya merasa khawatir tidak lulus ujian, bingung memilih jurusan di perguruan tinggi atau masa depan yang suram.


6. PANDAI-PANDAILAH MEMILIH SOAL
Pada saat menghadapi soal, yang penting dilakukan adalah memperhatikan dengan cermat dan seksama, sehingga soal itu dapat dipahami dengan baik. Jangan sampai salah dalam menafsirkan maksud dari soal tersebut. Secara sepintas tandai lebih dahulu soal yang harus “diamankan dan diselamatkan” secara pasti. Untuk itu anda jangan terpaku mengerjakan soal selalu berdasarkan urutan nomor soal, walaupun hal itu tidak salah. Pilih lebih dahulu mana saja soal yang dianggap mudah dan pasti dapat dikerjakan dengan baik dan benar.


7. HATI-HATI DALAM MENGISI LEMBAR JAWABAN
Ujian Nasional biasanya menggunakan lembar jawaban komputer. Sebelum mengisi jawaban, terlebih dahulu mengisi data pribadi. Misalnya nama, kelas, jurusan, mata pelajaran yang sedang diujikan dan lain-lain. Kekeliruan atau kelalaian dalam mengisi data pribadi tersebut bisa berakibat merugikan anda sendiri, karena lembar jawaban diperiksa melalui komputer. Untuk menghindari kekeliruan dalam mengisi data pribadi, maka cocokkan dengan kartu ujian yang ada di atas meja. Di samping itu, bawalah alat-alat tulis yang cukup, sehingga pada saat pelaksanaan ujian bisa bekerja dengan baik. Jadi, jangan sampai mengandalkan teman, dengan cara meminjam alat-alat tulis. Kemudian, sebelum lembar jawaban dikumpulkan hendaknya diperiksa kembali, kalau-kalau ada kekeliruan dalam mengisi.


8. MEMPERBANYAK DO’A
Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Oleh karena itu, rajinlah berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan. Doa yang positif melepaskan kekuatan yang dapat digunakan untuk mencapai hasil yang positif. Doa mengirimkan getaran dari satu orang ke orang lain dan kepada Tuhan. Mintalah kemampuan atau kekuatan untuk melakukan tindakan yang terbaik dan serahkan hasilnya dengan percaya kepada-Nya.

Mudah-mudahan tulisan ini akan menjadikan salah satu motivasi bagi kita semua sehingga dapat sukses dalam menghadapi Ujian Nasional 2013. Selamat berjuang teman - teman ku… semoga kita dapat sukses dalam menghadapi ujian ini….



Saya Dapat Dari Teman Saya : Yogie-Share 


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top