Selasa, 02 Juli 2013
2 komentar

Cara Membuat Tab di Microsoft Office dengan Office Tabs

16.02

 

Bekerja dengan banyak jendela aktif Microsoft Office secara bersamaan dapat membuat mata menjadi lelah, ditambah lagi dengan beberapa aplikasi yang beroperasi pada waktu yang sama. Aktifitas seperti ini sudah menjadi rutinitas para pekerja kantoran baik dalam perusahaan berskala menengah atau perusahaan besar bahkan multi nasional.
Membuat Tab Microsoft Office dengan Office Tab
Hal ini disebabkan karena pengguna menyimpan dua jenis data berbeda di dalam file yang berbeda sehingga ketika data-data tersebut dibutuhkan maka pengguna juga diharuskan untuk membuka dua dokumen atau lebih yang berarti juga akan membuka beberapa jendela Office secara bersamaan. Apabila Anda salah satu dari pengguna yang menghadapi rutinitas kerja seperti itu, tinggalkan cara lama nan kuno itu dan cobalah Add-ins bernama Office Tab yang multi guna.
Apa sih Office Tab itu? Office Tab adalah sebuah aplikasi Add-ins atau di dalam Firefox disebut Add-on atau Ekstensi yang merupakan tool pengaya yang diperuntukkan bagi seluruh aplikasi Microsoft Office dengan memberikan fungsi tambahan berupa Tab Baru seperti dalam browser internet. Dengan adanya fungsi tambahan semacam ini dapat membantu pengguna aplikasi Microsoft Office untuk bekerja lebih optimal dibandingkan harus membuka beberapa dokumen office secara bersamaan.
Fungsi tab baru ini sangat mudah digunakan, tidak perlu melakukan pengaturan yang rumit, setelah aplikasi terinstal maka secara otomatis Office Tab akan berjalan di dalam jendela office Anda. Dan hebatnya lagi, add-ins ini dapat bekerja di seluruh aplikasi Office mulai Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Visio, Publisher, dan juga Access dengan berbagai macam versi office mulai 2003 hingga 2010.
  • Untuk dapat menjalankan aplikasi Office Tab, download terlebih dahulu di http://www.extendoffice.com/product/office-tab.html. Pilih yang versi gratis (trial 30 hari) tetapi jangan khawatir, Anda tetap dapat menggunakannya selama tidak untuk kegiatan komersil atau apabila Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap tidak ada salahnya membeli yang versiEnterprise agar lebih puas.
Download Microsoft Office Tab
  • Setelah proses download selesai, jalankan aplikasi .EXE dan biarkan proses instalasi selesai dengan sempurna dan ikuti apa yang diperintahkan oleh sistem. Lalu buka microsoft word Anda dan pilih menu Office Tab —> Option Center.
Contoh penggunaan Office Tab Microsoft Office
  •  Lalu Anda akan melihat jendela Office Tab Center guna melakukan pengaturan beberapa fitur, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa menu di sebelah kiri Anda dimulai dari Tabs for Excel, Tabs for Word, Tabs for Powerpoint hingga About Office Tab. Masing-masing menu merepresentasikan aplikasi Microsoft Office dan pengaturan tiap menu akan memberikan efek pada aplikasi terkait. Setelah selesai, klik OK.
Mengaktifkan Tab ke Micorsoft Office

Membuka Dokumen Dengan Tab Baru

  • Untuk membuka tab baru cukup dengan menekan tanda tab kecil di sebelah tab terakhir atau dapat juga dengan menggunakan Shortcut CTRL + N, atau Anda dapat membuka file baru dengan perintah CTRL + O seperti biasa. Fungsi-fungsi lain Microsoft Word tetap dapat Anda pergunakan sebagaimana biasa.
Contoh penggunaan Tab Baru
  • Di bawah ini terlihat tampilan Office Tab yang bekerja di dalam aplikasi Microsoft Excel dan Power Point.
Contoh tab pada Excel dan Power Point
Microsoft Office punya Tab Baru
Fitur yang ditawarkan oleh Office Tab ini dapat menjadi salah satu dari sekian solusi alternatif untuk Anda yang setiap hari menghadapi rutinitas mengolah dokumen atau data melalui program Microsoft Office. Selain meringankan visual Anda, aplikasi ini juga memberikan ruang lebih ringan kepada memori visual komputer.
Aplikasi Office tab ini bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows XP, Vista (32/64), Windows 8 (32/64), Windows 7 (32/64), Windows Server 2003 dan 2008, Citrix System dan Windows Terminal (Remote Desktop) Server.

2 komentar:

 
Toggle Footer
Top