Selasa, 02 Juli 2013
0 komentar

Software Foto Editing Gratis Yang Mantap (Photoscape)

15.59


Apabila berbicara mengenai foto editing, kebanyakan orang mungkin akan langsung terbayang Photoshop. Aplikasi  besutan Adobe ini memang sudah menjadi tools yang sangat populer di kalangan fotografer ataupun desainer karena menawarkan berbagai macam fitur. Namun, banyaknya fitur ini juga membawa dampak: harga yang sangat mahal dan aplikasi menjadi berat pada saat dijalankan karena membutuhkan banyak resource (memory dan processor). Selain itu, berbagai macam fitur tersebut seringkali mubadzir karena tidak banyak dipakai.
Photoscape
Nah, salah satu software alternatif yang bisa digunakan untuk foto editing adalah Photoscape. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena  aplikasi ini 100% gratis. Tapi jangan salah, walaupun gratis, Photoscape adalah aplikasi yang powerful dalam menangani fungsi-fungsi untuk keperluan foto editing. Mau tau fitur-fiturnya seperti apa? Yuk kita lihat sama-sama:
Editor
Disinilah tempat utama untuk meng-edit foto. Bagi Anda yang penggemar fotografi, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah White Balance, Color Balance, Color Curves, Saturation Curves, Luminance Curves, Brightness, dan Contrast. Nah kesemuanya itu sudah lengkap disediakan oleh Photoscape ini. Selain itu fungsi Crop, Sharpen, dan beberapa jenis Filter juga ada. Satu-satunya fungsi dasar untuk editing foto yang tidak saya temukan hanyalah Exposure Adjustment.
Batch Editor
Photoscape
Di menu ini, Anda bisa mengedit beberapa foto sekaligus. Jadi Anda tinggal pilih foto-foto yang akan diedit, kemudian misalnya Anda menambah Contrast maka semua foto pilihan Anda tersebut akan naik Contrastnya. Dengan cara ini tentu Anda bisa menghemat waktu dan semakin produktif. Anda juga bisa menambahkan bingkai (frame) ke foto-foto Anda. Photoscape sudah menyediakan berbagai jenis bingkai yag siap Anda pilih.
Page
Photoscape
Jika Anda ingin merangkai beberapa foto, Anda bisa menuju ke menu ini. Anda tinggal pilih berbagai macam jenis layout yang sudah disediakan, dan kemudian memilih foto-foto mana yang ingin Anda rangkai. Rangkaian foto ini juga bisa dipercantik dengan bingkai jika Anda mau.
Rename
Photoscape
Kamera digital biasanya mempunyai format penamaan file yang sistematis, seperti misalnya DSC-XXX. Penggunaan nama seperti ini tentu tidak menggambarkan konteks dari foto-foto yang kita ambil, tapi untuk mengubahnya (merename) satu-satu juga tidak praktis. Nah di menu Rename ini, Anda bisa merename banyak foto berdasarkan pola nama tertentu.
Fitur-Fitur Lainnya
Selain fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak fitur lainnya yang tak kalah berguna. Bagi Anda yang seorang fotografer, Photoscape sudah menyediakan RAW Converter yang berguna untuk mengubah file RAW ke JPEG. Selain itu terdapat pula fitur Screen Capture yang, sesusai namanya, berguna untuk mengcapture gambar di monitor (mirip fungsi print screen). Untuk membuat gambar animasi GIF, Anda bisa langsung menuju menu Animated GIF.
Kesimpulan
Photoscape adalah software photo editor yang sudah menyediakan banyak fitur-fitur yang sangat berguna untuk keperluan foto editing. Untuk sebuah software gratisan, Photoscape bisa dibilang sudah cukup powerful. Keunggulan lainnya adalah software ini sangat ringan (installernya hanya 16,52 MB), dan ketika dijalankan tidak memakan banyak memory atau processor. Untuk mendapatkannya Anda bisa download di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top